Senin, 15 Juni 2015

Hidup untuk Menang, dan Menang dengan Strategi

“Jangan biarkan diri Anda dipermainkan oleh risiko dan rintangan. Menanglah dengan strategi.” ~ Djajendra
Dalam hidup, memiliki strategi adalah jalan untuk memenangkan tujuan. Karena, selama perjalanan menuju tujuan akan ada risiko dan rintangan. Bila Anda tidak memiliki strategi dalam ketenangan sikap dan emosi, maka Anda mudah menjadi panik, serta mudah  dipermainkan oleh risiko dan rintangan tersebut.
Anda pasti ingin memiliki kehidupan yang Anda impikan. Dan, Anda juga pasti tahu bahwa kehidupan yang Anda impikan itu, harus Anda perjuangkan dengan proses, yang penuh risiko, tantangan, rintangan, ujian, dan pembelajaran. Artinya, mewujudkan impian memerlukan kecerdasan, keberanian, kemampuan, waktu, dan daya tahan mental untuk sukses.
Hidup itu memang tidak sederhana. Hidup itu rumit dan banyak tantangannya. Tapi, pikiran dan emosi haruslah dibuat menjadi sangat sederhana, untuk memahami semua hal yang rumit itu. Bila pikiran dan emosi juga ikut-ikutan dalam kerumitan hidup, maka Anda setiap hari akan ada dalam kekacauan dan ketakutan akan hidup Anda. 
Miliki keputusan yang tegas untuk hidup Anda. Lalu, pahami bahwa semua yang Anda putuskan itu tidaklah akan menjadi sederhana. Dan, pastikan Anda memperkuat mental, fisik, pengetahuan, keyakinan, harapan, keterampilan, dan motivasi untuk mewujudkan keputusan Anda tersebut.  Sederhanakan cara berpikir dan cerdaskan emosi Anda untuk menghadapi semua hal yang tidak sederhana itu.
Menciptakan perjalanan hidup dimulai dengan rencana yang Anda sukai. Hidup Anda adalah cara Anda menciptakan dan menjalani yang Anda buat sendiri. Mulailah dengan rencana yang sederhana, rencana yang mampu Anda jalani dengan senang hati dan penuh motivasi. Lalu, siapkan strategi yang hebat dan kuat, untuk menjalankan semua rencana Anda itu.
Menjelajahi perjalanan hidup dengan panduan rencana, dengan dukungan dari strategi dan taktik yang jitu, akan membuat Anda selalu bergairah menuju pencarian hidup Anda. Siapkan juga nilai-nilai pribadi Anda, sebagai alat yang membimbing dan mengawasi semua perilaku dan sikap Anda, dalam mewujudkan hidup yang Anda impikan.
Hidup dengan rencana dan strategi, seperti memanjat tebing yang tinggi dan curam. Anda harus memiliki keberanian, persiapan, latihan, kemampuan, pengetahuan, dan daya tahan, untuk memanjat setiap tangga tebing yang tidak pasti itu. Siapkan kepribadian Anda untuk merasa lebih baik di setiap titik pijakan menuju puncak ketinggian hidup Anda.
Saat Anda memulai rencana dan strategi untuk mewujudkan impian Anda, Anda akan memiliki banyak pengalaman suka dan tidak suka. Pahami bahwa semua pengalaman Anda itu bertujuan untuk membesarkan diri Anda. Siapkan mental yang berdaya tahan kuat untuk menghadapi pengalaman yang tidak Anda sukai. Jangan pernah berhenti atau menyerah oleh alasan apapun. Teruslah bergerak dan belajarlah dari para guru-guru kehidupan Anda.
Keselamatan, keamanan, dan kepastian atas prediksi Anda pada perjalanan hidup Anda, ada pada sikap rendah hati, dan belajar selalu dari yang lain, ataupun belajar selalu dari realitas yang Anda hadapi. Semakin rendah hati dan bersabar dalam menghadapi setiap ketidakpastian, semakin Anda akan selamat, aman, dan bisa mewujudkan prediksi Anda.
Hiduplah untuk membuktikan kepada diri sendiri tentang kemampuan Anda untuk mewujudkan pilihan hidup Anda. Jangan pernah sekalipun memiliki niat ingin membuktikan pilihan hidup Anda kepada orang lain. Sebab, sekali Anda berniat pamer kehebatan hidup Anda pada orang lain, maka sejak itu Anda akan terikat dengan kepentingan dari banyak orang. Dan, selamanya Anda akan hidup dalam kepentingan dan persepsi orang lain. Hal ini akan membuat hidup Anda selamanya tidak merdeka, selamanya terpenjarakan dalam kepentingan dan persepsi orang lain. Hiduplah merdeka, dan cukup buktikan kepada diri sendiri tentang kehebatan strategi dan tujuan hidup yang Anda pilih.
Daun-daun yang terlepas dari pohonnya sangat mudah terbang oleh tiupan angin. Orang-orang yang hidupnya terlepas dari rencana dan strategi, akan sangat mudah terombang-ambing oleh tiupan ketidakpastian. Tegaskan hidup Anda dengan rencana dan strategi. Lalu, perkuat dengan nilai-nilai pribadi yang sesuai dengan batin Anda. Pastikan Anda selalu menang dengan strategi hidup Anda.
Djajendra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar