Sabtu, 30 Januari 2016

Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient)

Kecerdasan emosi atau dikenal dengan istilah Emotional Intelligence (EI) adalah kemampuan untuk mengerti dan mengendalikan emosi. Termasuk di dalamnya kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain di sekitarnya. EI ini tidak saling bertabrakan dengan IQ karena memang punya wilayah ‘kekuasaan’ yang berbeda. IQ umumnya berhubungan dengan kemampuan berpikir kritis dan analitis, dan diasosiasikan dengan otak kiri. Sementara, EI lebih banyak berhubungan dengan perasaan dan emosi (otak kanan). Kalau ingin mendapatkan tingkah laku yang cerdas maka kemampuan emosi juga harus diasah. Untuk dapat berhubungan dengan orang lain secara baik kita memerlukan kemampuan untuk mengerti dan mengendalikan emosi diri dan orang lain secara baik. Di sinilah fungsi dari kecerdasan emosi. Melalui kecerdasan emosi diharapkan semua unsur yang terlibat dalam pendidikan dan pembelajaran dapat memahami diri dan lingkungannyasecara tepat, memiliki rasa percaya diri (PD) , tidak iri hati, dengki, cemas, takut, murung, tidak mudah putus asa, dan tidak mudah marah. Manfaat kecerdasan emosi bagi peserta didik (Mulyasa:162): 1. Jujur, disiplin, dan tulus pada diri sendiri, membangun kekuatan dan kesadaran diri, mendengarkan suara hati, hormat dan tanggung jawab 2. Memantapkan diri, maju terus, ulet, dan membangun inspirasi secara berkesinambungan 3. Membangun watak dan kewibawaan, meningkatkan potensi, dan mengintegrasikan tujuan belajar ke dalam tujuan hidupnya 4. Memanfaatkan peluang dan menciptakan masa depan yang lebih cerah Cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosi dalam pembelajaran: 1. Menyediakan lingkungan yang kondusif 2. Menciptakan iklim pembelajaran yang demokratis 3. Mengembangkan sikap empati, dan merasakan apa yang sedang dirasakan oleh peserta didik 4. Membantu peserta didik menemukan solusi dalam setiap masalah yang dihadapinya 5. Melibatkan pesrta didik secara optimal dalam pembelajaran, baik secara fisik, sosial maupun emosional 6. Merespon setiap perilaku peserta didik secxara positif dan menghindari respon yang negatif 7. Menjadi teladan dalam menegakkan aturan dan disiplin dalam pembelajaran MUNGKIN Anda sudah membaca buku tentang kecerdasan emosi dan ingin tahu tentang seberapa tinggi kecerdasan emosi Anda? Kuis berikut ini dapat membantu mengukur tingkat gejolak emosi Anda. Daniel Goleman, psikolog lulusan Harvard University dan penulis buku Emotional Intelligence pernah mengatakan, bahwa keberhasilan seseorang dalam hidupnya tidaklah terutama disebabkan oleh IQ-nya, tetapi lebih-lebih bagaimana emosionalitasnya dapat dimanajemeni dengan baik. Dengan kata lain, keberhasilan seseorang sangat ditentukan oleh kecerdasan emosinya. Memang, tidak satu pun alat tes yang bisa dipakai untuk mengukur kecerdasan emosi seseorang secara tepat, tetapi ada banyak situasi dimana gejolak emosi yang Anda rasakan dapat diukur. Pertanyaan-pertanyaan berikut merupakan petunjuk kasar untuk mengukur kecerdasan emosi yang Anda miliki. Ingin tahu? Jawablah dengan jujur pertanyaan yang ada. Jawaban yang Anda pilih harus merupakan kecenderungan sikap yang muncul spontan dari dalam batin Anda. Jangan berpikir dua kali atau bahkan mencoba menebak-nebak jawaban. Pertanyaan : 1. Anda berada dalam sebuah pesawat dan tiba-tiba goncangan sangat keras terasa di dalam pesawat dan mulai mengacaukan segala sesuatu yang ada dalam pesawat. Apa yang Anda lakukan? a. Melanjutkan membaca buku/majalah, nonton film dan sedikit tidak peduli pada goncangan yang terjadi. b. Waspada atas situasi darurat ini, dengan seksama memperhatikan petunjuk pramugari dan membaca buku panduan mengenai keadaan darurat. c. Antara a dan b. d. Tidak yakin, saya tidak pernah memperhatikannya. 2. Anda sedang menemani sekelompok anak berumur sekitar 4 tahunan ke sebuah taman. Lalu, salah satu dari mereka (anak gadis) mulai menangis karena anak-anak lain tidak mau bermain dengannya. Apa yang Anda lakukan? a. Membiarkan anak-anak itu di kejauhan. b. Bicara pada anak gadis itu dan menolong dia agar yang lainnya mau bermain dengannya. c. Dengan lembut membujuk anak gadis itu agar tidak menangis. d. Mencoba mengalihkan perhatian anak gadis itu dengan menunjukkan sesuatu yang lain yang bisa dia pakai untuk bermain. 3. Asumsikan bahwa Anda adalah seorang murid sekolah menengah yang mengharapkan mendapat nilai A dalam suatu kursus, tetapi ternyata Anda hanya mendapat nilai C untuk ujian tengah semester kali ini. Apa yang Anda lakukan? a. Anda mulai membuat sebuah rancangan kasar untuk memperbaiki nilai dan berniat mengatasi masalah sesuai rencana Anda. b. Berniat untuk melakukan yang lebih baik di kemudian hari. c. Mengatakan pada diri sendiri bahwa hal itu bukanlah masalah, lalu Anda mulai berkonsentrasi pada mata palajaran lain dimana Anda mendapat nilai lebih tinggi. d. Pergi menghadap dosen dan meminta kepadanya agar nilai Anda menjadi baik. 4. Bayangkan bahwa Anda seorang salesman dari sebuah perusahaan asuransi dan mendapat panggilan dari seorang klien yang memiliki prospek bagus buat perusahaan Anda. Namun ada 14 klien lain yang sedang ribut dan menunggu Anda, sehingga Anda menjadi patah semangat. Apa yang Anda lakukan? a. Meneleponnya hari itu juga dan berharap hari esok akan lebih beruntung. b. Menilai kualitas diri Anda; melihat kelemahan mana yang menghambat pekerjaan Anda c. Mencoba sesuatu yang baru untuk panggilan selanjutnya dan tetap berusaha keras. d. Memikirkan pekerjaan lain. 5. Anda adalah seorang manajer dalam sebuah organisasi dan Anda selalu mencoba untuk menghormati perbedaan ras dan etnik. Sementara itu, Anda mendengar seseorang mengucapkan canda yang menyinggung persoalan ras. Apa yang Anda lakukan? a. Acuhkan saja, itu ‘kan hanya sekadar canda. b. Memanggil orang tersebut, memintanya menghadap Anda untuk ditegur c. Mengatakan langsung bahwa canda seperti itu tidak akan mendapat toleransi dalam organisasi Anda. d. Meminta orang yang mengatakan canda itu untuk mengikuti pelatihan mengenai perbedaan/pluralitas. 6. Anda mencoba menenangkan teman yang hendak memukul seseorang, karena mobil yang dikendarainya hampir ditabrak dari depan. Apa yang Anda lakukan? a. Mengatakan padanya agar melupakan saja, lalu dia tidak mempermasalahkan lagi dan tidak ada perjanjian apa pun yang dibuatnya. b. Mencoba mengalihkan perhatian dengan memutar lagu kesayangannya. c. Mencoba meredakan emosinya dan membujuk agar memperbaiki hubungan. d. Mengatakan padanya seandainya yang akan menabrak itu dia, apa yang dirasakannya? Juga ketika melihat pengemudi itu dibawa ke UGD. 7. Anda dan pasangan sedang bertukar argumentasi (bertengkar), sampai suatu ketika kata-kata yang Anda ucapkan tidak enak didengar. Ucapan itu membuat Anda berdua kecewa dan masing-masing menjadi marah. Padahal Anda tidak menghendaki hal itu. Apa yang Anda lakukan? a. Berhenti selama 20 menit , lalu melanjutkan diskusi. b. Hentikan argumen Anda, diam, tidak peduli terhadap apa yang disampaikan pasangan Anda. c. Minta maaf, dan meminta pasangan Anda untuk meminta maaf juga. d. Berhenti sejenak, berpikir beberapa saat, lalu mencoba menjelaskan pernyataan Anda setepat mungkin. 8. Anda telah ditunjuk menjadi pemimpin sebuah tim kerja. Sebagai orang yang kreatif, Anda mencoba memulai perkerjaan. Apa yang pertama kali Anda lakukan? a. Membuat agenda dan melakukan diskusi atas berbagai masalah. Anda menggunakan kesempatan ini sebagai sarana membangun kebersamaan. b. Meminta anak buah Anda mengatur kesempatan agar mereka dapat mengenal satu sama lain. c. Mumpung masih segar, Anda mulai dengan bertanya pada setiap orang; bagaimana menyelesaikan masalah. d. Memulai dengan model brainstorming, memberi semangat dan kesempatan kepada setiap orang untuk memberikan ide seliar apa pun. 9. Anak laki-laki Anda yang berumur 3 tahun sangat pemalu, sensitif, dan sedikit takut dengan tempat dan orang baru sejak dia lahir. Apa yang Anda lakukan? a. Menerima bahwa dia memang memiliki temperamen pemalu. Anda mencoba melindungi dia dari situasi-situasi yang mungkin bisa mengecewakannya. b. Membawa dia ke psikiater anak untuk meminta bantuan. c. Mencoba membuat dia terus menerus mengalami tempat-tempat baru dan bertemu dengan orang-orang, sehingga rasa takutnya hilang. d. Mencoba mengatur secara baik/memberi kesempatan dia agar dapat belajar bertemu dengan orang-orang dan tempat baru. 10. Sudah sejak kecil Anda ingin belajar musik dan sekarang Anda mendapat kesempatan untuk memulainya, walau sekadar untuk senang-senang saja. Untuk itu, Anda ingin menggunakan waktu sebaik mungkin. a. Secara teratur setiap hari Anda akan meluangkan waktu untuk belajar. b. Memilih bagian yang sudah sedikit Anda kuasai dan dapat membuat kemampuan Anda berkembang c. Melakukan latihan hanya kalau ada mood. d. Memilih bagian yang sama sekali tidak Anda ketahui dan Anda berusaha keras mempelajarinya. Penilaian Berikan nilai pada setiap jawaban yang Anda pilih, sesuai dengan kotak di bawah ini. Jumlahkan. 200 = Nilai Tertinggi 175 150 125 100 = Rata-rata 75 50 25 0 = Anda lebih baik mencobanya lain waktu No a b c d 1 20 20 20 0 2 0 20 0 0 3 20 0 0 0 4 0 0 20 0 5 0 0 20 0 6 0 5 5 20 7 20 0 8 0 20 0 9 0 5 0 20 10 0 20 0 Daftar bacaan E. Mulayasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/01/05360036/ukur.kecerdasan.emosi.anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar